Friday, February 25, 2011

Kumpulan Tips-Tips Singkat

Ban Pesawat Sedikit Flat
Berikut adalah kumpulan tips dari pengalaman penulis merakit model kit pesawat, belum tentu cocok atau bisa menyelesaikan masalah modeler lain, namun moga-moga bisa membangkitkan ide dan menghasilkan solusi baru yang lebih kreatif.
Membuat roda pesawat terlihat sedikit flat




Efek yang sering digunakan oleh modeler untuk membuat model lebih dinamis adalah memberikan kesan roda pesawat agak sedikit datar (bukan benar-benar bulat) dibagian bawahnya, menunjukkan pesawat sedang dalam kondisi beban penuh.
Teknik yang umum digunakan adalah dengan mengikir atau memotong bagian bawah ban bulat ini sehingga agak datar. Hanya saja efek ini punya kelemahan yaitu ban flat umumnya bagian bawahnya terlihat melebar kesamping, sedangkan dengan teknik pengikiran ban akan terlihat rata saja seperti terpotong. Untuk menampilkan kesan yang lebih realistis maka penulis menggunakan teknik pemanasan. Hanya saja perlu hati-hati apabila berlebihan komponen akan meleleh dan rusak.
Gunakan lilin dengan api yang tidak terlalu besar
Panaskan ban pesawat, dengan bagian bawah yang ingin diberikan efek terkena panas. Jangan terlalu dekat sekitar 5-6 cm tergantung panas api rasakan bila tangan sudah terlalu panas maka sudah terlalu dekat. Perlu latihan gunakan komponen sprue yang tidak terpakai dulu sebagai uji coba jarak pemanasan. Hati-hati kadang2 api tertiup sehinga tidak konstan panasnya.
Secepatnya tekan bagian bawah roda yang sudah dipanaskan ke meja atau bidang datar secara sedikit sedikit. Hati hati bila terlalu banyak/panas roda yang ditekan akan terlihat terlalu flat.

Membuat Safety Belt Sendiri
Membuat sendiri safety belt dan harnes lainnya


Foto diatas ini menunjukkan safety belt yang dibuat dari masking tape tamiya berukuran paling kecil. Dengan tahapan sebagai berikut:
1. Rekatkan tape masking Tamiya di lembar kaca atau lembaran potong
2. Potong tipis2 sesuai ukuran safety belt dengan cutter tajam dan penggaris besi, Jangan dilepas hanya diiris saja namun biarkan pada posisi semula
3. Laburkan cat acrylic dengan warna seat belt yang diinginkan. kalau sudah rata barulah di potong sesuai kebutuhan dan di rekatkan ke kursi lontar
4. Lekuk dan bentuk seat belt se natural mungkin sesuai dengan kondisi yang sebenarnya (lihat referensi). Disini seatbelt tertarik dibagian tengah oleh belt yang lebih kecil.
5. Tambahkan super glue sedikit saja dibagian ujung perekatan agar tidak mudah terlepas (meskipun perekatan mudah karena ini adalah masking tape).
6. Bagian ujung seat belt bisa ditambahkan sisa-sisa dari PE set atau membuat sendiri atau cukup di cat dengan chrome silver.

Terlihat di gambar bagian alas duduk/sandaran dibuat juga dari masking tape yang ditempel secara berlapis. (Kit yang dimodifikasi ini adalah NacesII dari F-16C Academy 1/48 yang kursi aslinya cukup polos, untuk dipasang tanpa pilot akan terlihat kurang realistik.

Membuat oxygen hose
Pada gambar yang sama disisi atas terlihat selang oxygen dengan ulir-ulirnya. Itu dibuat sendiri dengan cara menggunakan dua kawat berbeda ukuran. Satu berukuran lebih besar misalnya 0.5mm dan kawat lebih halus misalnya 0.05 atau lainnya. Lakukan uji coba dari beberapa kombinasi. Kawat lebih tipis di gulung memutar diatas kawat lebih tebal. Di bagian ujung direkatkan dengan power glue lalu tekuk sesuai dengan keinginan. Cat hose dengan warna yang diiginkan lalu berikan wheathering warna hitam agar bagian ulir dalam terlihat gelap.

No comments:

Post a Comment