Thursday, February 24, 2011

Peralatan Kerja - Alat Bantu Lainnya

Lain-Lain


Bubuk Pastel
Bubuk pasten non oil (tidak berbahan dasar minyak) ini bisa didapatkan di toko alat tulis bagian art (untuk paintings/melukis). Berupa batangan pastel (bukan crayon) lalu di gerus menggunakan cutter besar sehingga didapatkan bubuk halus. Simpan dalam botol kecil agar tidak terkena udara. Tersedia berbagai warna.
Digunakan untuk proses wheathering. Caranya bubuk pastel dicampur dengan sabun cair 5-10 tetes (untuk setengah sendok teh) tambahkan air sehingga diperoleh cairan kental seperti lumpur. Tidak terlalu kering ataupun encer. Sapukan dengan kuas ke garis-garis recessed panel. Setelah kering bersihkan dengan kain katun/tissue atau cotton but, lalu berikan coating agar permanen.
Beli:
Ditoko peralatan tulis/melukis
Harga
Satu batang sekitar 15-20rb an berbagai warna



Plastik Decoratif
Lembaran plastik decoratif ukuran kecil ini cukup sulit. Penulis mendapat tips dari salah satu website luar, tentang bagaimana cara membuat layar radar tampak seperti efek hologram (berubah warna pada saat dilihat dari sudut pandang berbeda atau pantulan cahaya berbeda. Jika ditempelkan dilatar belakang hitam/gelap maka warnanya meneyerupai layar lcd sedang mati dengan warna realistik dan keren. Bisa digunakan dibagian HUD juga (atau untuk Gundam mungkin bagian mata ya?). Murah namun sangat bermanfaat cari yang model plastiknya agak luas sehingga bisa dipotong persegi dan digunakan. Tipe bintang agak sulit digunakan.
Beli:
Toko pernik-pernik, toko peralatan alat tulis, pesta dsb
Harga:
Satu bungkus cukup 5-rb an


PLA plate/ Plastic Beam
Bahan plastik khusus modeler yang suka menambahkan detil, atau melakukan modifikasi untuk penyempurnaan model kit lebih lanjut.
Ada yang bentuknya batang persegi, bulat, segitiga, dan lembaran. Dengan berbagai ukuran mm. Sangat bermanfaat pada proses detailing atau penyempurnaan model. Misalnya penambahan frame di kokpit sehingga terlihat lebih realistik (batang penguat bagian dalam kokpit, atau di ruang roda dsb). Lembar plastik bisa digunakan menambahkan detil atau landasan di area yang sebelumnya terlihat kosong dsb. Enaknya plastik ini juga dapat direkatkan dengan lem plastik model, sehingga lebih kuat dan mudah pemakaiannya. Potong menggunakan cutter tajam dan penggaris besi.
Beli:
Di toko model kit.
Harga: 60-rb an per lembar atau 75 rb an per bungkus isi 5-10 batang. dsb.


Tack all, Blue tack
Namanya macam-macam dan mereknya sudah banyak saat ini dulu di sini cuman ada yang warna hijau, diluar negeri terkenal dengan warna biru. Saat ini ada yang putih buatan lokal (Bantek). Perekat serba guna dan daya rekatnya lama hilang meski sudah dipakai berulang kali. Seperti lilin mainan bisa dibentuk apa saja namun digunakan untuk melekatkan. Penulis sering menggunakan tack ini untuk mengisi rumah roda yang sudah di cat putih sebelum ditutup oleh masking tape, menempelkan kaca kanopi ke kokpit sementara, melekatkan komponen besar/kecil ke batang penjepit sebelum di cat. Dan banyak lainnya. Jika sudah dipakai bisa digulung atau di gumpalkan dan siap dipakai ulang. Praktis sekali.
Beli:
Saat ini sudah banyak di supermarket, toko peralatan tulis dsb.
Harga: 15-30 rb an tergantung ukuran.



Komponen Aftermarket (Resin, Decal, metal etch)
Komponen aftermarket resin buatan black box, metal etch Eduard, Decal isra decal atau resin isra cast dan banyak lagi mereknya sangat berguna bagi modeler yang ingin membuat model kit dengan detail lebih rinci/akurat. Jika sulit melakukan detailing sendiri (menggunakan bahan plastik pla/beam diatas) atau ingin mendapatkan detil yang lebih akurat, aftermarket komponen adalah salah satunya.
Beli:
Di toko model kit (terutama P&P banyak pilihan) dan juag di online webstore seperti lucky model.
Harga: mulai dari 100rb hingga 800rb tergantung ukuran. Kadang-kadang lebih mahal dari kitnya

No comments:

Post a Comment