Saturday, March 19, 2011

Model Kit Pesawat Jet Inggris - RAF

Model kit pesawat-pesawat dari Inggris atau RAF (Royal Air Force) umumnya memiliki bentuk-bentuk yang unik dan menarik. Sayangnya tidak banyak produsen yang membuat model kit untuk pesawat-pesawat Inggris. Yang sudah banyak dibuat tentunya adalah Harrier, Tornado, dan Hawk. Lebih dari itu pesawat2 RAF sedikit sekali atau bahkan cukup sulit didapat. Ditambah lagi untuk skala 1/48 pilihan menjadi semakin terbatas, skala 1/72 umumnya lebih banyak pilihan. Untuk Pesawat berbadan besar tentunya pilihan antara skala 1/72 dan 1/144. JetPlastik lebih memilih skala 1/72 karena lebih mudah dibuat untuk pesawat2 bomber, tanker dsb. 

Berikut adalah beberapa koleksi unik untuk pesawat2 RAF.


Bae Hawk Mk.1, Versi 100, Versi 200, Skala 1/72, Skala 1/48 dan Skala 1/32

Pesawat Hawk merupakan pesawat yang cukup banyak dibuat, tentunya produsen Inggris menawarkan kit yang paling bertahan lama sebelum akhirnya baik Italeri dengan kit 1/48 yang baru dan juga Trumpeter dengan skala 1/32. Tamiya bahkan memproduksi juga versi Swiss Air Force dengan warna putih merahnya dalam skala 1/48 menggunakan cetakan dari Italeri. Versi ini adalah versi 100 series. Versi yang paling banyak tersedia adalah versi MK.1 Bae Hawk yang juga digunakan oleh Demonstrator Red Arrow. Neomega memproduksi resin konversi untuk Bae Hawk versi 200. Hal ini sangat menarik karena bisa dibuat untuk Bae Hawk versi Indonesian Air Force dengan decal yang tersedia juga. Meski kit2 Airfix jarang ditemukan di Indonesia (waktu itu salah satu toko di STC memang banyak memajang kit Airfix sayang nya sudah tutup).


DeHavilland Sea Venom FAW.22 skala 1/32
Pesawat Sea Venom merupakan versi Naval dari keluarga DeHavilland Vampire, pesawat ini juga cukup unik bentuknya tersedia dalam versi 1/32 dari Revell. Karena melepas skala 1/32 sayangnya koleksi ini sudah terjual ke salah satu hobbyist di Jateng. Sea Venom memang sulit ditemukan di skala lain. Dulu ada beberapa limited run kit, tapi saat ini 1/32 dari Revell memang satu2nya yang tersedia.

Jaguar GR skala 1/48 (ada juga skala 1/72 dari Tamiya yang cukup ok kitnya)
Jaguar merupakan salah satu pesawat yang digunakan RAF cukup lama selain Tornado, saat ini sudah pensiun, Pesawat ini juga di lisensi oleh jepang untuk membuat pesawat tempurnya sendiri di versi T-1 dan T2.  Selain RAF Jaguar juga digunakan oleh Perancis dengan French Jaguarnya. Untuk Versi Perancis kit Heller yang memproduksinya. Foto kit menyusul. Saat ini Kit Jaguar masih cukup sulit didapat dan jarang ditemukan secara masal. Resin Neomega kembali menyediakan upgrade dari kokpit Airfix yang sederhana.

DeHavilland Vampire skala 1/48
Vampire merupakan salah satu variant pesawat tempur pertama (yang kedua) masuk jajaran RAF, dan digunakan sebagai pesawat latih dan di copy oleh banyak negara dalam bentuk lisensi, Vampire kemudian dikembangkan juga menjadi seri Venom (Sea Venom termasuk diatas). Kit Classic Airframes merupakan kit yang cukup mumpuni dengan plastic injection dan resin parts. Kit ini cukup dikategorikan sebagai limited run kit.

Supermarine skala 1/48
Supermarine merupakan pesawat pertama RAF FAA (Fleet Air Arm) atau Naval aviation nya Inggris, merupakan pesawat Naval Inggris sebelum digantikan oleh Sea Venom. Classic Airframes adalah satu2nya yang JetPlastik ketahui membuat pesawat ini sebagai limited run kit. Tentunya selain injection plastic moulding dilengkapi juga dengan resin parts.
Saingan dari Supermarine adalah SeaHawk buatan Hawker, untuk pesawat SeaHawk skala 1/48 tersedia dari Trumpeter. Untuk foto kit menyusul

English Electric Canberra B(I)8 skala 1/48
Pesawat Canberra dari English electric adalah pesawat bomber generasa pertama dengan mesin jet yang dibuat untuk RAF. Versi ini cukup banyak variantnya dan Airfix membuat varian yang relatif lengkap ada versi B(I) 8 dan B-57 yang juga dipakai di perang Vietnam dan versi terbang malam. Kit Airfix 1/48 ini cukup oke selain Airfix kit terbaru juga dibuat oleh Trumpeter dengan skala 1/32.
Foto kit versi B-57 menyusul.

Avro Vulcan 1/72
Avro Vulcan adalah pesawat bomber RAF yang paling eksotis dan salah satu pesawat delta wing terbesar ukurannya saat itu. Bentuknya yang unik dan invotif sangat menarik untuk dibuat modelnya. Kit ini cukup terbatas produksinya namun terbilang umurnya masih baru (new moulding kit). Pesawat yang dipakai RAF pada perang Falkland merupakan salah koleksi yang menarik.

Handley Page Victor skala 1/72

Pesawat besar lainnya yang bentuknya juga unik khas buatan Inggris yang pesawatnya umumnya inovatif (termasuk Harrier). Pesawat ini ada pesawat air refueling tanker untuk RAF. Meski suudah pensiun (terakhir kalau tidak salah perang teluk), digantikan pesawat tanker KC-135. Kit Revell sepertinya masih satu2nya produsen untuk skala 1/72. Detilnya cukup ok, tentunya merupakan koleksi unik.

BAe Nimrod skala 1/72
Satu lagi pesawat dengan bentuk yang cukup unik, pesawat Nimrod merupakan pengembangan ekstensif  pesawat jet komersial Inggris yang akhirnya dihentikan produksinya karena masalah design DH Commet.  Nimrod diproduksi olewh Hawker Siddeley yang juga membuat pesawat purwarupa Harrier terakhir tergabung dalam BAe system. Nimrod merupakan pesawat Early Warning dari RAF. Kit Airfix 1/72 memang dibuat terbatas dan sekali lagi patut dikoleksi.


Pesawat Lain - Artikel dan Foto Box Menyusul:
1. BAC TSR-2
2. Hawker Hunter
3. Gloster Meteor
4. Harrier Family
5. H.S Bucaneer
6. EE Lightning
7. Tornado GR4, ADV





No comments:

Post a Comment