Wednesday, March 2, 2011

1/48 Kinetic Model - F-84F Thunderstreak

F-84F Thunderstreak merupakan salah satu varian dari F-84 yang sudah memiliki sayap bersudut miring ke belakang (swept wing configuration). F-84 buatan Republic (salah satu produsen pesawat sukses pada masa itu) merupakan seri pesawat serang darat (ground attacker) yang juga berperan banyak dalam perang Korea. F-84F digunakan oleh USAF (US Air Force) dan juga 12 negara lainnya yang umumnya negara-negara anggota NATO.  Dengan kecepatan subsonic pesawat ini berbobot cukup berat dan tidak mencapai performa yang diinginkan. Namun kecanggihannya pada era itu menyebabkan pesawat ini cukup lama digunakan. Beberapa versi dari F-84F digunakan juga sebagai photo reconnaissance dan berkode RF-84F.  Dengan 6 senapan mesin kaliber 12.7mm, dan dua pylon untuk membawa tanki cadangan dan kemampuan usung bomb seberat 2,7 ton. Termasuk untuk jenis peluncur roket dan bahkan siap menggusung persenjataan nuklir.



Kinetic Model F-84F



Model kit F-84F ini merupakan produk perdana dari Kinetic Model, waktu itu penulis cukup ragu untuk membeli kit murah ini di Lucky Model. Namun karena disertakan photo shot dari sprue set dan beberapa detil lainnya maka dengan memberanikan diri memesan (pesanan pertama lewat online). Pas tiba langsung kotak dibongkar dan kit dibuka untuk melihat bagian detil plastik dan perlengkapannya. Ternyata model kit ini tidak buruk sama sekali bahkan cukup baik dengan detil-detil seperti panel rivet di sekujur tubuh pesawat yang akan sangat berperan penting dalam memberikan hasil maksimal untuk pesawat dengan finish bare metal. Meskipun demikian kualitas plastiknya tidak sebaik kualitas produsen papan atas. Dengan plastik yang relatif lebih lembut. Namun demikian jarang ditemui flash (atau sisa-cetakan plastik) di ranting /sprue set. Yang menunjukkan kualitas pembuatan kit ini cukup baik. Terdiri dari 3 ranting/sprue utama dan 1 transparan.















Detil kit ini juga baik dan terdiri dari berbagi opsi (meskipun tidak ada opsi untuk posisi flap) namun tersedia beberapa bukaan panel seperti panel persenjataan dan air brake. Oh ya disediakan juga pemberat berbentuk bola logam yang sangat praktis karena memang model pesawat di jaman ini merupakan heavy tail sitter (berat belakang).  Detil kokpit juga cukup bagus dengan model raised.
        Pylon persenjataan juga disertai dengan detil pin pengunci yang cukup jarang ditemui di kit-kit jaman sebelum era Trumpeter, (misalnya Academy). Dengan demikian detil dari pesawat ini cukup baik dan representatif. Disediakan 4 buah tanki cadangan berukuran cukup besar, dengan persenjataan peluncur roket yang bisa dipasang di bagian tengah.





Decal dari kit ini memberikan dua opsi yaitu satu MO Air Guard ANG 616 berkode 26616 dan US Air Force dengan kode 26368. Masing masing memiliki warna body stripe yang berbeda dan tentunya khas marking pada masanya yang cukup berwarna-warni.

Kesimpulan
Model kit dari Kinetic Model ini merupakan kit baru (new kit on the block) yang cukup menarik dengan harganya yang cukup murah (Saat ini banyak kit-kit dari China yang harganya kompetitif seperti Hobby Boss dsb). Dengan detil yang cukup memadai untuk membuat model F-84F yang menarik tentunya merupakan pilihan bagi kita yang berkocek terbatas. Pilihan lain kit F-84F juga cukup terbatas selain Revell Monogram yang memiliki Kit F-84G Thunderjet, tentunya memberikan opsi yang menarik. Hanya saja kit Kinetic ini cukup sulit ditemui di pasar local dan tentunya harus pesan. (Penulis membeli lewat online). Recommended. (c) JetPlastik 2008


No comments:

Post a Comment