Wednesday, March 2, 2011

1/48 SMER - Mig 17F

Mig 17F dengan julukan Fresco merupakan kelanjutan pesawat Mig-15 yang merupakan pesawat yang cukup tangguh dimasanya dengan penyempurnaan kendali pada kecepatan tinggi. Merupakan lawan berat dari pesawat-pesawat barat seperti F-85 Sabre, F-100 Super Sabre dan sebagainya. Pesawat Mig-15, 17 memiliki rancangan yang tidak jauh berbeda dengan pesawat US terutama karena perancang-perancangnya berasal dari negara yang sama yaitu Jerman yang kalah di PDII. Pesawat ini digunakan juga oleh angkatan udara Indonesia. Dipersenjatai dengan dua kanon 23mm NR-23 dan satu 37mm N-37D, ditambah dengan kemampuan usung bomb seberat total 1/2 ton. Kemampuan terbang tingginya sangat terkenal melebihi saingannya dari barat F-86H dan Hunter F Mk.6.







SMER - Mig 17F
Kit buatan SMER (asal Eropa timur) ini memiliki keunikan tersendiri terutama dari grafis box saja sudah kelihatan marking yang disertakan yaitu tidak lain marking dari AURI (AU Republik Indonesia). Rancangan decal AURI ini sangat attraktif sekali dengan simbol petir putih dengan latar belakang hitam (di beberapa buku ada yang menggunakan latar belakang merah - sebagai tim aerobatik Indonesia). Tergambar dengan pesawat sedang terbang terbalik. Kit skala 1/48 ini ukurannya tidak terlalu besar, dengan detil yang cukup memadai khas kit-kit dari Eropa timur seperti Kopro dsb. Meskipun demikian kit ini sudah berjenis recessed panel line sehingga memudahkan washing dsb. Pada sprue set terlihat beberapa flash, sisa cetakan plastik menunjukkan teknik produksinya yang belum maksimal. Kit Mig 17 pilihannya juga cukup banyak baik dari produsen Eropa timur maupun Asia. Namun kit yang datang khusus dengan marking Indonesia...ini mungkin satu-satunya.






Ada dua sprue besar dan satu transparan, lembar petunjuk dan lembar decal sheet. Secara umum lumayan baik kualitasnya.
Kit disertai dengan dua tanki cadangan, atau opsi tabung peluncur roket, bomb free fall dana roket sebanyak masing2 sayap 4 buah. Sebagai daya tarik tersedia juga tangga naik turun kokpit.  Decal sendiri memiliki 3 opsi tambahan selain decal Indonesia yaitu Polandia (Polish), Mesir dan Cheko.





Kesimpulan
Tentunya untuk kolektor pesawat Indonesia ini merupakan model kit yang wajib dimiliki, dengan kualitas yang lumayan khas kit Eropa timur. (Tentunya ekspektasi perakitan kemungkinan ada mis fit dan perlunya penggunaan dempul sudah cukup lumrah). Oh ya Kit ini dibeli di toko-nya Daniel (Bios Shop) kebetulan main disitu ada kit ini langsung disambar.  OK(c) JetPlastik 2008

Detil dari model kit Mig 17F ini dapat dilihat dibawah (Click Gambar untuk pembesaran)


No comments:

Post a Comment