Wednesday, February 23, 2011

Peralatan Kerja - Lem Perekat

Lem/Perekat

Lem merupakan salah satu peralatan dasar yang dibutuhkan dalam pembuatan model. Tanpa yang satu ini model anda tidak akan terwujud. Untuk itu penting memahami karakteristik lem dan kegunaannya.



Lem Plastik
Perekat utama para modeler adalah lem plastik (polysterene). Lem ini sangat kuat bila dipakaikan pada model plastik karena melehkan plastik model sehingga terjadi perekatan yang sempurna. Namun untuk itu juga pemakaian harus berhati-hati, karena terlalu banyak atau ceceran lem ini jatuh ke model maka dijamin akan rusak/cacat plastiknya. Hanya berlaku pada plastik model dengan jenis polysterene. Plastik lain belum tentu berpengaruh. Dari Tamiya ada yang encer (hijau) dan normal (Putih atau orange).
Beli:
Ditoko model kit
Harga: 30-rb an.



Super Glue
Lem ini sudah banyak dijual secara umum, dikenal dengan nama lain lem cyanoacrylate. Sifatnya yang mengering dengan cepat beberapa detik atau menit memudahkan pemasangan detil kecil atau yang sulit dipasang. Namun hati-hati untuk pemasangan bagian transparan karena bisa-bisa meninggalkan embun putih (hasil kondensasi karena perekatan cepat). Salah satu tips yang bermanfaat adalah agar lem ini cepat kering bisa dengan memberikan hembusan udara lembab (kalau pakai mulut hati-hati kalau belum sikat gigi he.he). Karena udara lembab sebenarnya mempercepat proses perekatan. Lihat bagian tips untuk lebih banyak ide menarik.
Beli:
Di toko perlatan tulis, supermarket, toko pertukangan, model kit.
Harga: tergantung merek mulai dari 3000-rb hingga belasan ribu. Produsen awal super glue (aron alpha) memiliki daya rekat lebih lambat, namun tidak mudah menimbulkan embun putih


Lem Putih
Sebenarnya lem putih lebih mirip lem kayu putih atau lem kertas. Dimana pada saat basah berwarna putih namun pada saat kering akan berubah menjadi bening/transparan. Pilihan lem putih saat ini banyak sekali. Penulis menggunakan merek ini karena referensi saja. Namun sepertinya merek lain juga ok. Bermanfaat pada saat melekatkan komponen transparan (kanopi misalnya) ke body pesawat disamping tidak merusak seperti power glue dsb. Kalau ada kekeliruan lebih mudah dibuka. Hasilnya yang bening juga menyebabkan lem ini lebih tidak terlihat.
Beli:
Di toko peralatan tulis
Harga:



Lem Epoxy dan Epoxy Putty
Perekat epoxy berguna untuk merekatkan komponen secara kuat. Karena sifat perekatannya yang tidak pandang bulu (bahan apa saja hampir semua bisa dan tahan air). Namun karena sifatnya lambat kering (ada yang beberapa menit). Penulis pernah mencoba yang tipe transparan namun hasilnya kurang memuaskan untuk menempelkan kanopi karena menghasilkan lapisan bening yang cukup berbekas dan bersifat mengembang, tidak menyusut.
Tipe lainnya berbentuk seperti dempul yang dicampurkan antara epoxy dan pengerasnya seperti lilin mainan lalu bentuk atau tempatkan di bagian yang akan direkatkan. Berguna untuk menutup lubang atau bagian yang terbuka. Rekatannya juga sangat kuat.
Beli:
Ditoko peralatan tulis
Harga: belasan hingga puluhan ribu

9 comments:

  1. mas mau tanyak ni
    ada jual lem hide (lem yang terbuat dari hewan)
    atau lem glue hide

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu Indah,
      Polychemie adalah pabrik lem putih dan lem panas yang berlokasi di Cibinong yang kebetulan juga kebetulan menjual lem hide (lem terbuat dari hewan), apabila masih membutuhkannya bisa menghubungi saya di 087881130973 atau di email saya joshua.hambali@gmail.com

      Delete
  2. gan mau nanya kalau mau beli lem secara online dimana ya?
    di tempat saya belum ada yg jual,susah nyarinya....mohon pencerahannya gan!

    ReplyDelete
  3. gan mau nanya kalo lem yg buat menempelkan lembaran alumunium atau kuningan menggunakan lem apa ya. . . N alow mau bli lem secara online gmana caranya. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Zum Roni,
      Polychemie adalah pabrik lem putih dan lem panas yang berlokasi di Cibinong yang kebetulan juga kebetulan menjual lem PU 2 komponen (untuk merekatkan lembaran aluminium ke berbagai maacam besi atau kayu), apabila masih membutuhkannya bisa menghubungi saya di 087881130973 atau di email saya joshua.hambali@gmail.com

      Delete
  4. gan kalu lem untuk sandal gunung pakai lem apa ya yang palingkuat dan tahan air?

    ReplyDelete
  5. Pak, mungkin bapak bisa bantu menyarankan lem apa yang terbaik untuk jenis plastik pada View-Master?

    ReplyDelete
  6. bos kalo lem untuk bingkai poto semacam bahan piber tersebut lem apa dan biasa yang dipakai

    ReplyDelete
  7. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover

    ReplyDelete