Wednesday, February 23, 2011

Peralatan Kerja - Alat2 Dasar

Peralatan Dasar


Pinset, Penjepit
Ada berbagai bentuk, lurus, bengkok sangat beguna pada saat memasang decal, atau pada saat merekatkan komponen kecil lainnya.
Beli:
Dapat dibeli ditoko buku, peralatan tulis, toko bahan kimia.
Harga: 3000 - 20.000 IDR


Bor Tangan
Alat seperti bolpoint ini sebenarnya dalah sebuah bor tangan. Didalam silindernya tersimpan berbagai ukuran mata bor mulai dari yang kecil 0.1mm s/d 1.5mm. Sangat berguna untuk membuat lubang-lubang di plastik. Untuk berbagai fungsi.
Beli:
Cukup sulit mencarinya, penulis mendapatkan di Glodok Jaya, Lindeteves, lt3 (nama toko lupa)
Harga: 150 ribu IDR


Scriber tool
Digunakan untuk memperdalam rescessed line atau garis-garis di tubuh pesawat/model kit, agar dimesinya lebih jelas. Harus digunakan hati-hati jika tidak maka body model kit bisa rusak atau cacat (umumnya pada saat menggurat/menggaris seringkali terlewat atau keluar jalur). Ada berbagai bentuk
Beli:
Ini dibeli di supermarket mereknya lupa tapi memang bukan kualitas nomor satu. Untuk kualitas top beli di toko modeller yang lengkap.
Harga: belasan ribu Rupiah.


Tang Jepit
Tang ini berhidung rata dan digunakan penulis untuk ,menekuk metal etch terutama untuk komponen-komponen yang berukuran kecil. Ada yang berhidung datar, dan meruncing. Keduanya cukup bermanfaat terutama yang tidak memiliki alat khusus untuk menekuk metal etch
Beli:
Di toko peralatan listrik atau khusus alat, penulis beli di Lindeteves Glodok. Untuk yang serius beli alat khusus metal etch
Harga: Puluhan ribu Rupiah.



Micro File, Amplas
Micro file (kikir halus/kecil) merupakan kebutuhan wajib dan sering dipakai terutama untuk menghaluskan plastik bekas potongan, sisa plastik atau membentuk suatu lubang atau komponen model plastik sesuai keinginan.
Amplas tentunya juga merupakan alat dasar terutama untuk persiapan pengecatan atau untuk memperhalus suatu komponen, menghilangkan kelebihan plastik (flash)
Beli:
Supermarket, toko peralatan listrik/alat-alat tukang.
Harga: 15-20 ribu an.

No comments:

Post a Comment