Sunday, February 27, 2011

Project: F-8 Crusader 1/48 Hasegawa - Step 6



Tahap ini adalah pengecatan warna abu-abu bagian atas pesawat. Penulis melakukan minimal dua tahap pengecatan. Yang pertama adalah pengecatan dengan warna abu-abu sea gray (lebih tua sedikit dari gull gray) hal ini ditujukan agar nanti dilakukan pengecatan warna abu-abu gull gray muda (light gull gray di sebagian besar panel), sebagai kebalikan dari efek bayangan gelap.


Pengecatan sea gray dari Tamiya acrylic ini dilakukan di seluruh bagian abu-abu. Terliaht setelah masking tape di buka baik bagian atas pesawat maupun bawah pesawat. Penulis melakukan dua kali tahap masking. Sebenarnya cukup sekali saja. Hal ini karena kekeliruan kecil yang menyebabkan masking bagian putih dilakukan ulang.


Setelah warna abu-abu sea gray selesai dilanjutkan dengan pengecatan warna abu-abu light gull gray di panel-panel pesat (bukan di garis panelnya, kebalikan dari efek bayangan gelap di garis panel). Hal ini menemibulkan efek warna panel wash out akibat aging, wheathering/cuaca.


Terlihat efek wheathering warna abu-abu menyatu dengan efek wheathering bagian bawah yang berwaran putih.


Selesai warna abu-abu dengan efek wheatheringnya maka dilanjutkan dengan masking bagian pesawat untuk pengecatan warna hitam dibagian kanopi depan dan hidung pesawat. Digunakan cat warna hitam semi gloss (nantinya lagi pula akan dibuat gloss dulu untuk step decal). Jadi tidak terlalu berpengaruh.


Tampak lain dari hasil wheathering di warna abu-abu dan putih yang terlihat cukup kontras. Efek ini akan lebih terlihat pada saat dilakukan efek garis panel dengan bubuk hitam/abuabu tua. Untuk sementara cukup puas dengan hasil wheatheringnya.


Yang tidak terlihat disini adalah pengecatan bagian exhaust dengan cat warna steel dari model master dan dilanjutkan dengan efek besi terbakar dengan memberikan warna exhaust dari alcad II atau bisa menggunakan warna smoke dari tamiya. (dibuat garis-garis vertikal di bagian exhaust).


Setelah selesai/benar-benar kering. Bagian exhaus di masking lalu dilanjutkan dengan coating warna clear gloss sebagai persiapan untuk proses penempelan decal. (penulis menggunakan cat spray can gloss tamiya karena malas untuk airbrush).


Setelah gloss kering dilanjutkan dengan penempelan decal (tidak diperlihatkan disini). Penulis menemukan hal yang tidak sempurna dimana warna putih decal dan warna putih bagian bawah pesawat tidak sama. Namun karena sudah kadung jalan maka proses tetap dilanjutkan.

Setelah decal selesai maka dilakukan coating gloss tipis sekali lagi agar decal merekat dengan sempurna. Sekali lagi terjadi bencana dimana di beberapa decal terutama di logo bendera US ternyata cairan decal setting belum kering benar sehingga decal mengkerut. 

Pada tahap ini tidak ada yang bisa dilakukan, sebelum kena banting karena kesal, maka kit dibiarkan menganggur selama beberapa hari, dilanjutkan minggu depannya.

Beberapa fixing/perbaikan dilakukan dengan meng-amplas halus bagian yang berkerut lalu di touch up dengan warna hitam dan biru tua. Lumayan lah tidak terlalu menonjol.



Wheathering dilanjutkan dengan memberikan warna garis hitam menggunakan bubuk pastel hitam/abu-abu tua yang diencerkan dengan air dan sabun cair sedikit. Dilap kering lalu di touch up menggunakan pena water proof 0.1 mm
Setelah sempurna maka sekali lagi di coating clear goss tipis agar semuanya blending.

KE STEP 7


No comments:

Post a Comment