Sunday, February 27, 2011

Project: F-8 Crusader 1/48 Hasegawa - Step 4



Setelah semua komponen yang akan dipasang didalam body utama pesawat sudah selesai dipersiapkan maka saatnya untuk test fit sebelum dipasang secara permanen. Dimulai dari Kokpit, air intake trunk, bagian bawah sayap, dan juga tidak lupa tempat tail hook di bagian belakang bawah pesawat).


Jika semua komponen sudah bisa terpasang dengan baik, maka komponen2 tersebut di rekatkan dengan lem plastik tamiya dan kombinasi lem super glue ke salah satu sisi pesawat.
      Badan pesawat kemudian direkatkan secara bertahap dari bagian depan ke belakang menggunakan lem plastik tamiya yang cair (tutup hijau). Dengan lem ini maka perekatan bisa dilakukan lebih bersih (tidak terlalu banyak lem lebih yang merusak detil pesawat. Namun kesulitannya adalah lem ini cepat kering/menguap.


      Setelah dilem maka kedua pesawat disatukan dengan masking tape besar agar sambungan dapat merekat dengan baik (tidak bergeser).


Detil tambahan yang baru bisa dipasang adalah tabung oksigen warna hijau dan beberapa detil lain dari sisa-sisa komponen/sprue tidak terpakai (dengan melihat referensi dari foto-foto di internet).



Detil lainnya yang ditambahkan adalah di bagian atas penutup instrument terdapat tutup kanvas untuk mensimulasikan kanvas maka digunakan epoxy putty yang dibentuk dengan tusuk gigi agar terlihat adanya lekukan dan juga kancing (ditusuk, berlubang) diseputar kanvas.

Modifikasi selanjutnya dalah membuat lubang dari senapan F-8 yang ada 4 buah. Tujuannya tentu agar terlihat lebih realistik. Gunakan mata bor kecil sesuai dengan lubang yang akan dibuat. Disini penulis menggunakan bor tangan micro.



Hasil dari pembuatan lubang senapan, tampak dari depan

  
Modifikasi berikutnya adalah membuat ceruk kecil dibagian intake cooling burner can karena aslinya datar dan akan terlihat tidak realistik. Untuk itu gunakan cutter berujung tajam untuk memotong sedikit demi sedikit bagian yang datar sehingga membetuk ceruk yang tidak terlalu dalam.

  
Perubahan lainnya adalah memotong bagian antena di sirip tegak pesawat sesuai petunjuk (hal ini perlu di potong agar antena yang berukuran lebih besar dapat diapasang untuk F-8J (antena kecil untuk F-8E).

  
Hal berikutnya adalah untuk melakukan test fit dari sayap pesawat ke body pesawat dan hal yang perlu diperhatikan adalah flap dibagian dalam tidak bisa di pasang terlalu turun karena akan membentur body pesawat untuk itu di pasang datar dengan sayap utama. Namun karena nantinya dipasang sedang terbuka (sayap terangkat, maka flap kecil akan terlihat turun)


No comments:

Post a Comment