Wednesday, February 23, 2011

Peralatan Kerja - Alat Potong

Peralatan Potong

Peralatan potong adalah peralatan dasar dari seorang modeler. Untuk memotong komponen dari tangkai sprue dsb. Merapihkan potongan atau membentuk komponen plastik agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan.


Tang potong
Adalah komponen dasar, tang potong yang baik sangat dianjurkan (tajam dengan ujung runcing) memudahkan pemotongan komponen dari tangkai sprue dan ujung runcing memudahkan pemotongan komponen yang dalam/sulit dijangkau. Tips: Jangan potong tepat disisi komponen sisakan sedikit agar komponen plastik tidak rusak/cacat. Nanti baru dirapihkan dengan cutter/kikir dsb.
Beli:
Toko peralatan listrik, bahan bangunan, toko model kit.
Harga: dari 15-rb an hingga 90-rb an tergantung kualitas/merek.



Cutter Pen
tipe pena sangat dianjurkan untuk detailing dan kegunaan lainnya penulis mendapatkan satu set cutter yang kualitas nya cukup baik di Lindeteves Glodok dengan harga murah. Cutter pena digunakan untuk memotong/merapihkan komponen, memotong decal, Masking tape untuk pemolaan, dsb. Alat wajib.
Beli:
Toko peralatan tulis, pertukangan, supermarket, toko model kit.
Harga: yang bagus minimal berharga 50-rb an Rupiah.


Gunting
Terlihat sederhana pakai gunting kertas biasa. Memang cukup dan tidak perlu yang mahal. Namun penulis merasakan gunting dengan ujung runcing (hati-hati tajam) sangan dibutuhkan terutama memotong decal dengan presisi, atau menjangkai area yang sulit pada saat masking dsb. Gunakan gunting yang tajam.
Beli:
Toko peralatan tulis, toko model kit
Harga: berkisar antara 20-rb hingga 60-rb Rupiah



Gergaji kecil
Yang sebelah kanan gergaji kecil umum dijumpai ditoko peralatan pertukangan dengan ketabalan mata gergaji sekitar 0.5mm. Untuk proses detail atau modifikasi model kit kadang-kadang butuh yang lebih tipis lagi agar bagian plastik tidak banyak terbuang maka Hasegawa trytool sangat bermanfaat (misalnya modifikasi kanopi yang tadinya tertutup tidak terpisah bisa dipotong dengan try tool, atau modifikasi lainnya) Trytool adalah gergaji tipis (setipis pisau cutter bahkan sedikit lebih tipis) dan sangat tajam. Merek lain selain Hasegawa juga ada.
Beli:
Penulis beli di P&P namun pernah lihat di toko bung Ridwan STC
Harga: seratus ribuan.


Cutting Pad/Mat
Berguna agar meja tidak rusak, bisa gunakan kaca tebal sebagai landasan meja juga ok. Mudah dibersihkan. Cutting mat berguna karena ada garis-garisnya sehingga bisa digunakan sebagai panduan.
Beli:
Di toko peralatan tulis, pertukangan
Harga: mulai dari 30-rb an hingga 90-rb an sesuai ukuran.

No comments:

Post a Comment