Thursday, February 24, 2011

Peralatan Kerja - Alat Bantu Lainnya Part 2

Peralatan Pendukung


Mini grinder/Drill
Grinder ukuran kecil ini penulis beli di Lindeteves. Sangat berguna untuk membentuk plastik (mengukir) karena ada nya grinder pena, dan juga untuk mengikis bagian dari resin (komponen resin aftermarket) yang tidak diinginkan, atau memperbesar lubang, menghilangkan garis atau tonjolan plastik yang tidak diinginkan.
Bisa juga berfungsi sebagai bor, alat ini memiliki pengatur kecepatan putar. Alat lainnya adalah mini drill (dengan batterai selain untuk membor bisa juga sebagai alat untuk grinder/amplas putar. Untuk air intake dsb.
Beli:
Di toko pertukangan, dan alat listrik
Harga: Mini grinder sekitar 500rb an mini drill sekitar 60-70rb an


Penggaris
Berbagai tipe penggaris besi atau plastik untuk memotong atau mengukur. Yang besi berguna pada pemakaian dengan cutter. Sebenarnya ada juga plat besi flexible (tipis) digunakan untuk scribing. Ada juga semacam alat riveting (untuk membuat pola rivet dengan jarak tertentu (seperti penanda tukang jahit, roda bergerigi) Penulis belum pernah menggunakan ini.
Beli:
Ditoko peralatan tulis, toko model kit untuk scribing guide.
Harga:


Penjepit, Karet
Berbagai bentuk penjepit mulai dari penjepit peralatan listrik, paper clip, karet gelang, penjepit jemuran dsb. Sangat bermanfaat digunakan saat melakukan perekatan badan model kit terutama badan utama, sayap dsb. Selotip kertas, masking tape juga bisa digunakan untuk menjamin perekatan sempurna atau pada bagian yang sulit (melengkung misalnya).
Beli:
Di berbagai toko kelontong, peralatan tulis, dsb.
Harga:


Masker, Sarung tangan karet, Kaca mata safety
Bermanfaat sanga melakukan pengecatan atau pengikisan, bor dengan grinding tool. Untuk melindungi agar kita tidak menghirup debu cat atau bahan kimia lain. Kacamata safety bermanfaat untuk melindungi dari pecahan kecil. Pengalaman pribadi yang buruk saat mengoperasikan grinding tools. Sarung tangan karet saat menangani bahan kimia seperti resin dsb. Atau pengecetan sehingga tangan tetap bersih.
Beli:
Ditoko bahan bangunan, peralatan pertukangan
Harga:


Kaca Pembasar Lup
Berguna saat melakukan detailing yang kecil. Lebih baik pilih yang memiliki dudukan dan juga lampu sorotnya sehingga lebih mudah digunakan.
Beli:
Harga:


Kotak Rupa-Rupa
Bermanfaat untuk menyimpan komponen-komponen yang akan dipasang sehingga tidak berceceran dan hilang. Atau menyimpan sisa-sisa yang tidak terpakai dan bisa digunakan untuk ditailing atau modifikasi model kit lainnya.
Beli:
Harga


Tempat penyimpanan Model Kit
Kalau ada lemari akan lebih baik sehingga tidak mudah dijangkau tangan jahil atau rusak karena tertekan barang dsb. Dan juga mudah dijangkau karena terus terang asyik juga melihat-lihat model kit yang belum jadi...
Beli:
Harga:


Tempat Kerja
Salah satu syarat tempat kerja yang baik adalah penerangan cukup, area bersih dan rapih. Tempatkan peralatan di kotak peralatan atau laci khusus, cat ditempatnya, kuas di tempat pensil. Gunakan penerangan lampu baca yang cukup terang. Tidak disarankan kerja di ruangan berkarpet karena kemungkinan komponen jatuh dan hilang sangat besar. Gunakan alas kaca untuk memotong dsb. Rapihkan meja kerja sebelum dan setelah kerja.



Lemari Pajangan
Tentunya sesudah model jadi gunanya untuk dilihat dan dipelototin setiap saat... dan bangga rasanya melihat model yang dibuat susah payah... Apalagi kalau ditaruh di ruang tamu mengundang decak kagum yang melihatnya. Tapi tentunya tidak boleh dipegang pegang...

No comments:

Post a Comment