Wednesday, March 2, 2011

HS Bucanneer Airfix 1/48

"Blackburn Bucanneer” nama lainnya. Merupakan pesawat militer Ingris yang dicintai banyak pilotnya. Pada masanya merupakan pesawat serang (attack) terbang rendah yang paling canggih. Bahkan pada masa akhir karirnya. Pertama kali terbang di tahun 1952, Bucanneer di rancang sebagai pesawat tempur dari geladak kapal induk (carrier). Ada tujuh versi yang dibuat, salah satu yang terkenal adalah seri S.Mk. 2B atau S2B. Meskipun dirancang untuk terbang dari kapal induk namun pada masanya lebih banyak diterbangkan dari landasan di darat. Bentuknya yang unik juga membuatnya terlihat menarik.Terutama ekor rem udara “clamshell” nya yang seperti buntut. Jarak jangkaunya yang jauh merupakan keunggulannya selain dari terbang dalam kecepatan tinggi di ketinggian rendah. Daya angkutnya tidak kalah dengan A-6 intruder sekitar 7 ton (intruder 8 ton). Pemakai utama tentunya RAF (Royal Air Force).



Kit Airfix HS Bucanneer
Kit Bucanneer dari Airfix mungkin satu-satunya yang ada di pasaran saat ini. Itupun sangat terbatas karena production runnya memang tidak banyak. Pernah baca dimajalah pada batch pertama Airfix salah produksi dan memasukkan dua set kit ke dalam satu box (dua set). Beruntunglah yang mendapatkan box tersebut. Saya sendiri tidak sengaja mendapatkan kit ini waktu main ke Hobby Bounties di Katong Singapore. Waktu itu sedang melihat2 kit, terselip ada kit Buccanneer, kebetulan banget karena sudah cari kemana2 susah dapetnya. Eh pas di tanya sudah pesanan punya orang. Akhirnya beli yang lain. Hampir 3-4 bulan berikutnya kebetulan ada tugas ke Sg lagi. Kali ini pas main kesana ternyata box nya masih ada, dan menurut Peter si empunya yang pesan belum ambil juga. Akhirnya setelah bujuk rayu pindah juga ketangan saya. Senengnya bukam main sampai di airport juga di buka-buka terus. Setelah dibuka ternyata kitnya ok punya dengan detil yang cukup hampir sama dengan kit Airfix lainnya yang terkenal bagus yaitu EE Lightning F2A. Seperti biasa kit Airfix dilengkapi decal yang super detil (cape masangnya) namun tentunya menjanjikan detil yang keren.  Plastiknya berwarna abu-abu muda. Terdapat 4 sprue set besar dan 2 yang berisi body pesawat serta satu sprue transaparan untuk kanopi.





Detil body juga cukup ok dengan beberapa detil terdapat rivet. Memang dibandingkan kit trumpeter misalnya saya masih lebih cenderung memberikan nilai plus ke trumpeter atau bahkan hobby boss. Dan untuk akurasi skala tidak bisa dibandingkan dengan Hasegawa. Namun untuk satu-satunya produsen yang setia dengan pesawat-pesawat Inggris then no further comment.










Buku petunjuk kit ini mengingatkan kita pada buku manual mata-mata Inggris dengan model antiknya dan warna oranye yang cukup mencolok. Pas dibuka juga cukup mengejutkan dengan adanya foto-foto semi warna (sepia muda) dan petunjuk perakitan juga berwarna meski terbatas. Cukup informatif khas Airfix. Untuk decal juga diberikan satu lembar penuh decal untuk beberapa squadron dan insignia RAF (skema belang-belang khas Eropa dan perang teluk).






Kesimpulan
Secara umum kit HS Bucanneer dari Airfix (oh ya skala 1/48) ini detilnya cukup bagus dan tentunya karena kit Bucanneer sangat langka maka ini merupakan kit terbaik yang ada saat ini (Setahu saya) sampai ada produsen lain yang tertarik untuk membuatnya dengan detil yang lebih akurat. Beberap produsen juga menawarkan beberapa aftermarket resin untuk kokpit, ejection seat dan bagian lainnya. Namun sampai saat ini penulis belum menemukannya. Paling tidak kalau mau pesan sih mungkin dapat. Anyway review box kit kali ini cukup dulu. Box kembali ke penyimpanan sampai prioritas wish to build list nya sampai ke kit ini… Kapan ya… Siapa tahu lagi kepingin buat kit bertema RAF. Recommended ©JetPlastik 2008

No comments:

Post a Comment