Wednesday, March 2, 2011

Sukhoi SU-25K Kopro 1/48



Sukhoi SU-25 merupakan pesawat tempur serang rusia yang terkenal kemampuannya. Merupakan saingan utama dari A-10 Thunderbolt buatan US. SU-25 memiliki sejarah tempur yang panjang terutama di perang Afganistan dulu dan umurnya memang tidak muda lagi dan sudah mengalami beberapa peremajaan. Dengan 10 pylon dikedua sayapnya kemampuan membawa persentajaanya sangat mumpuni. Dari mulai peluncur roket sederhana, peluru kendali, berbagai macam bom dan umumnya disertai sepasang tangki cadangan untuk misi jarak jauh. Bentuknya yang kaku mungkin menyebabkannya dijuluki si kaki katak oleh dunia barat. Namun demikian SU-25 banyak dipuji pilotnya karena kemampuan terbang rendah yang baik dan keandalannya. SU-25 merupakan pesawat serang yang memiliki pelindung kokpit super tebal dan yang pertama. Tentunya diikuti oleh A-10 dengan kokpit bath-tubnya. Seperti biasa pesawat Rusia umumnya dilengkapi kaki-kaki yang kuat untuk mendarat di segala medan dan landasan darurat. SU-25K merupakan salah satu versi yang sudah diremajakan.

Kit SU-25K Kopro
Terus terang penulis sebelumnya memiliki kit SU-25 skala 1/72 buatan Kangnam (belum sempat dibuat). Namun karena penulis mulai beralih dan mengkoleksi skala 1/48 maka keinginan untuk memiliki semua pesawat tempur jet modern dalam skala 1/48 merupakan idaman. Termasuk SU-25. Setelah mencari kemana-mana dan sulit mendapatkannya. Meski melihat internet dsb. Akhirnya malah di dapat dekat saja yaitu di toko BIOS milik bung Daniel. Langsung saja masuk keranjang belanja dan checkout.





Di dalam kotak kit SU-25K Kopro ini terdapat 5 set spure berwarna abu-abu muda dan satu sprue transparan dengan detil yang cukup baik disertai beberap detil rivet yang cukup jelas. Bahkan air intake yang umumnya dibiarkan bolong diisi dengan kipas compressor dan mesin jet ini. Sehingga tidak tampak murahan.















  
Petunjuk kit KOPRO ini cukup mudah diikuti dan tidak terlalu panjang. Ada juga petunjuk pengecetanan dengan warna-warna khas SU-25 seperti tampak pada box bagian depan. Disertai juga decal yang sesuai dengan skema yang ada.
Hal yang unik menarik dari kit ini adalah adanya masking buatan eduard yang sudah include di dalam box untuk proses pengecatan kanopi yang sempurna (Adanya juga masking bagian lingkar roda (wheel rim). Ini merupakan pengalaman saya pertama membeli kit Kopro jadi saya pikir hebat juga saya memang belum pernah menemukan kit (yang saya miliki saat ini) disertai masking. Kalau metal etch kan sudah umum untuk kit mahal.


 Kesimpulan
Untuk anda penggemar jet tempur Rusia tentunya kit Kopro 1/48 ini merupakan salah opsi yang tidak dapat ditolak. Dengan kualitas plastik yang baik dan detil yang memadai. Tentunya sudah terbayang setelah proses finishing cat dan decal akan tampak pesawat yang akan terlihat keren dan sangat layak dipajang. Sudah tidak sabar lagi untuk mencobanya. Tentunya akan disandingkan dengan pesawat-pesawat Rusia lainnya yang sudah jadi seperti yang ada di Galeri (Mig 21MF, SU-27, Mig 29A). Recommended. ©JetPlastik 2008

No comments:

Post a Comment