Wednesday, March 2, 2011

1/48 Hobby Boss - N/AW A-10 Thunderbolt II


N/AW A-10 Thunderbolt II (Julukan lain A-10: "Tank Killer", Warthog), merupakan pengembangan dari pesawat A-10 yang sukses sebagai pesawat serang darat. Kode pesawat ini sebenarnya adalah YA-10B, tipe dual seater ini memiliki kemampuan N/AW (night/all wheater) operational capability. Pada waktu itu US mencari pesawat serang darat dengan kemampuan tempur segala cuaca. 
        Meskipun Fairchild produsen A-10 ini selesai melakukan design upgrade namun gagal menjual idenya ke USAF dan N/AW A-10 meskipun sudah ditawarkan ke negara diluar AS tetap tidak laku terjual, dan tidak menncapai kesuksessan seperti kakaknya A-10 Thunderbolt. N/AW A-10 dual seater selain berfungsi sebagai pesawat latih dengan kemampuan operasional penuh (dimana navigator juga berfungsi sebagai weapon officer). Lucunya pada model ini hanya pilot saja yang dilindungi bagian bawah cockpitnya (dikenal dengan metal bathtub yang cukup tebal dan berat untuk menjami pilot aman dari serangan senapan serbu dan anti pesawat ringan. N/AW A-10 mewarisi seluruh kemampuan tempur A-10 dengan 8 pylon-nya yang mampu membawa berbagai persenjataan baik free fall maupun missile, dan tentunya tidak ketinggalan kanon 30mm GAU-8/A Avenger (1350 peluru dengan 4200 peluru per menit) yang setiap menembak mampu membuat pesawat terhenti beberapa mili detik, sehingga ada aturan penembakan kanon tidak boleh dilakukan terus menerus jika tidak ingin pesawat mengalami stall berat. Pesawat jet tempur dengan kecepatan subsonik ini mampu bermanuver pada ketinggian rendah dengan peningkatan sistem avioniknya.  N/AW A-10 sendiri tidak digunakan sebagai pesawat operasional USAF atau angkatan lainnya.

Hobby Boss N/AW A-10




Kit Hobby Boss N/AW A-10 ini cukup mencengangkan kalau dilihat dengan harga yang cukup menarik dan tentunya menawarkan value for money yang tinggi. Sebagai turunan teknologi dari Trumpeter, kit-kit Hobby Boss memiliki karakter yang hampir serupa. Ada yang cocok dengan recessed panel lines yang lebih dalam (menimbulkan kesan kurang akurat dari segi skala). Namun ada juga yang menyukainya seperti penulis karena dengan recessed panel yang cukup dalam (cukup normal menurut penulis) sehingga tidak perlu dilakukan scribing ulang (seperti pada beberapa kit Hasegawa) jika telah dilakukan proses finishing beberapa kali. Didalamnya terdapat 10 sprue set (ranting) abu-abu dengan kualitas plastik yang baik, mendekati produsen Jepang. 2 sprue transparan, satu kotak tambahan berisi roda karet (kurang favorite karena sulit di modifikasi dan timbul bubuk jika sudah agak lama) + benang untuk mengikat ganjal roda, satu buku petunjuk, lembar petunjuk finishing berwarna, lembar decal). Dengan detil, dan opsi yang cukup banyak (mesin GAU-8 secara  terpisah, bisa dibuat terlepas? sebagai salah satu ide), tutup mesin dapat dibuka, sayangnya flap tidak bisa dibuat terbuka (seperti kit kakak tirinya Trumpeter di skala 1/32 yang mendapat best model skala 1/32).  Dengan box tebal yang menjamin kit tidak rusak saat dikirim.















Kit N/AW A-10 dari Hobby Boss ini menawarkan detil-detil yang baik dan setara dengan kit-kit keluaran terakhir. Baik detil kokpit yang cukup sibuk memungkinkan pembuatan out of the box yang baik (tanpa perlu membeli resin, meskipun tentunya pemakaian resin memungkinkan penambahan detil yang lebih tinggi, seperti jalur kabel dsb). Ejection seat tipe NACES juga sudah memadai. Namun berbeda dengan kit Jepang seperti Hasegawa. Kit N/AW A-10 ini tidak disertai dengan pilot, sehingga bila ingin dipajang dalam kondisi ada pilot perlu menggunakannya dari kit lain atau after market. Seperti pada kit Rafale B yang sudah dibahas sebelumnya penulis menggunakan pilot dari sisa kit Hasegawwa yang tidak dipakai.




Untuk persenjataan kit ini dilengkapi dengan barbagai jenis bom (GBU-8, GBU-10, MK-20, MK-82) dan tentunya AGM-65A/D Maverick yang merupakan ciri khas dari A-10 serta ECM pod ALQ 119 dan ALQ 131. Dan sepasang AIM-9L dan tanki cadangan. Warna pada lembar marking & painting guide adalah warna abu-abu gelap (gunship  gray)





Untuk urusan decal kit ini hanya memberikan sebuah decal kecil dengan satu pilihan marking NAW A-1073-1664 Edwards AFB. (Karena memang non ops).  Decal untuk persenjataan juga tersedia lengkap (lembar decalnya malah lebih besar dari lembar decal untuk pesawatnya).

Kesimpulan
Kit N/AW A-10 dari Hobby Boss ini merupakan kit A-10 skala 1/48 yang cukup bagus dan sepertinya merupakan penyusutan dari kit 1/32 Trumpeter yang sangat bagus kualitas dan mendapat penghargaan best model. Tentunya dengan pengurangan beberapa feature seperti flap, tutup bahan bakar yang bisa dibuka, dan sebagainya. Namun dengan harga kompetitif maka kit Hobby Boss merupakan pilihan yang menarik. Terutama versi N/AW A-10 jarang sekali produsen yang membuatnya sehingga menjadi satu-satunya pesawat tipe ini dalam skala 1/48.  Untuk pesawat yang unik (non operasional) ini maka merupakan koleksi wajib bagi para pencinta jet tempur modern. Recommended(c) JetPlastik 2008.



No comments:

Post a Comment