Wednesday, March 2, 2011

FJ-4B Fury HobbyBoss 1/48


FJ-4 adalah pesawat fighter yang setara dengan F-86 Sabre, seringkali disebut sebagai Sabre versi Navy nya US. Secara bentuk memang tidak berbeda jauh dengan F-86 Sabre. FJ-1 merupakan jet carrier fighter operasional pertama untuk US Navy masih menggunakan sayap tegak lurus (bukan swept wing). Mulai dari FJ-2, FJ-3 dan akhirnya FJ-4 mulai menggunakan swept wing atau bersudut ke belakang. Versi FJ-4 sudah mampu menggusung peluru kendali. FJ-4 Fury disandingkan dengan Scimitar F.Mk1 dan F3H-2 Demon.  FJ-4B sendiri merupakan versi serang darat.

HobbyBoss 1/48 FJ-4B Fury






Kit pesawat FJ-4B jarang sekali ada produsen yang membuatnya, sehingga pada saat hobby boss mengeluarkan produk ini maka langsung pesan secara online. Dulu pernah melihat beberapa iklan untuk pesawat FJ-4 ini di majalah namun produksinya menggunakan resin dan tentu harganya mahal hampir 3x lipat. Apalagi yang mengeluarkan produknya adalah HobbyBoss yang cukup dikenal saat ini dengan toolingnya yang cukup baik (setara Trumpeter) namun harganya sangat ramah pada kantong para modeler.
Hobbyboss sebenarnya mengeluarkan dua jenis FJ-4 dengan skala 1/48  yang satu adalah fighter dan satunya sebagai serang darat FJ-4B yang penulis beli. Keduanya tersedia di www.luckymodel.com








Kit ini terdiri dari 4 set sprue abu-abu yang berisikan badan utama, sayap, kokpit dan satu sprue transparan untuk kanopinya. Secara umum detilnya cukup memuaskan dan merupakan ciri-ciri tooling kit yang modern. Tersedia satu lembar petunjuk dan satu lembar contoh berwarna untuk kamuflase dengan 2 pilihan squadron. Lembar decal yang berisikan dua pilihan itu juga tersimpan dalam plastik sehingga mengurangi kemungkinan cacat. Pada bagian sprue plastik abu-abu ada sedikit lapisan minyak, tidak tahu dari mana asalnya, hanya saja nanti pada saat perakitan mungkin perlu di cuci dengan sabun cair sampai bersih untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada saat perakitan atau pengecatan.

Untuk yang hobby mengumpulkan jet-jet modern pasca PDII tentunya FJ-4 fury ini wajib untuk dibeli dan dikoleksi, karena saat ini pada skala 1/48 jarang atau hampir tidak ada produsen kelas kakap yang memproduksinya, atau mungkin sudah lama sekali belum pernah di upgrade.

Produksi Hobbyboss juga bisa menjadi jaminan saat dengan kualitas yang cukup baik, akurasi mungkin tidak sebaik pemain nomor satu namun secara umum penulis melihat tidak ada masalah terhadap bentuk dan akurasi secara umum.... Tunggu apa lagi ...

Salam Roadrunner

No comments:

Post a Comment