Wednesday, March 2, 2011

Rafale B French Advance Multi Role Hobby Boss, skala 1/48


Rafale B merupakan pesawat tempur canggih terkini dari negeri menara eifel. Sebelumnya Perancis terlibat bersama negara eropa untuk mebuat pesawat generasi IV yang sekarang dikenal dengan eurofighter (EF). Namun karena satu dan lain hal, terjadi ketidaksepakatan terhadap rancang bangun maka akhirnya Dasault perusahaan pembuat pesawat temur sebagai wakil dari Perancis akhirnya mengundurkan diri. Dan Perancis memutuskan untuk melakukan sendiri pengembangan pesawat tempur canggihnya (satu kelas dibawah F-22 Raptor dan X-35 JSF dari US). Berdasarkan pengalaman yang cukup panjang dari model sukses Mirage III dan seri 2000 nya maka akhirnya muncul prototype pesawat yang diberi nama Rafale (kalau tidak salah artinya burung bangau?).  Dimulai dari prototype Rafale 01 single seater dan dilanjutkan dengan varian dual seater, untuk versi trainer dan juga advance multi role fighter yang memiliki 2nd seat untuk seorang navigator, mission dan threat controller. Dilengkapi dengan system navigasi (multi function display, HUD lebar) dan persenjataan terkini. Mulai dari peluru kendali terbaru tipe penjejak panas Magic, dan juga peluru kendali radar Mica, dan peluru kendali penjelajah Apache. Dengan dua mesin turbojet SNECMA model terkini menjamin tenaga yang mumpuni dan keandalan dalam keadaan darurat.

Model Kit
Kit Rafale sendiri ada beberapa produsen yang membuatnya salah satunya adalah Revell, dengan kit Rafale single seater (Marine). Hobby Boss yang merupakan salah satu anak perusahaan (anak gelap kali ya) dari produsen kit asia terkenal Trumpeter. Peter dari Peter & Partner pernah menceritakan backgroundnya sedikit.   
Kit Rafale yang dibuat Hobby Boss ada tiga tipe yaitu tipe A/C (single seater) dan B (dual seater). Yang ini merupakan dual seater dengan nomor prototype 02 (berkemampuan all wheater/night attack, terlihat adanya IR sensor di bagian hidungnya).



Dari segi kualitas kit, tidak kalah atau menyamai kualitas dari induknya sendiri. Plastik injeksi abu-abu dengan kualitas yang baik disertai dengan panel reses yang tegas (kadang2 terlalu tegas). Panel reses yang tegas bagi penulis cukup ok dan membantu karena tidak perlu dilakukan scribing ulang. Detil kit itu sendiri boleh dikatakan sangat bagus. Baik mulai dari kokpit, wheel well, persenjataan dsb. Bahkan kualitas decal serupa dengan Trumpeter yang cukup tipis dan blending dengan baik ke body kit setelah finishing (baik di celah-celah panel reses).


Kit terdiri dari tujuh sprue utama dan satu sprue transparent, kelengkapan persenjataan terdiri dari sepasang peluru kendali magic, 3 pasang mica tipe 1,2 dan 3 (peluru kendali dgn system radarr), sepasang apache dan dengan 2 pasang tanki bahan baker cadangan (tipe 1250 liter dan 2000 liter). Lembar petunjuk yang cukup rinci dan bagus cetakannya, satu lembar petunjuk cat dan decal berwarna dengan kode warna Mr. Hobby dan Mr Color. Satu lembar kecil decal dengan 2 jenis marking, keduanya untuk pesawat prototype (bukan jet tempur aktif) yaitu Flight 2013th dan Armee de'l air..

Modifikasi
Penulis melakukan beberapa modifikasi ringan yang terdiri dari:
Penambahan pilot, karena akan diset dengan mode terbang,  maka diperlukan dua pilot yang diambil dari sisa-sisa kit Hasegawa.Pilot tersebut dimodifikasi pada saluran pipa pernapasan yang dipindah dari tengah ke sisi kiri, dari melihat referensi yang ada. Penambahan detil di kokpit seperti seat belt (dari tamiya masking tape yang di cat bronze dan masking tape warna biru). Untuk layer HUD dan MFD diberikan tambahan bahan yang cukup unik yaitu bahan reflektif yang umumnya digunakan di baju pengantin atau butir taburan pesta. Bahan ini bila backgroundnya berwarna gelap akan memberikan efek warna hologram (yang berubah dari warna hijau, biru violet dsb pada saat terkena cahaya).




Hal utama yang terasa kurang juga terlihat di bagian kursi karena std, maka ditambahkan beberapa pernik warna dan seat harnesh tambahan agar lebih terlihat ramai. Hal lain yang kurang dari kit ini adalah air intake (terlihat kosong tidak ada kipas kompressor). Memang kalau sudah jadi terlihat gelap dan tidak banyak berpengaruh. Namun agar lebih realistik maka ditambahkan air intake menggunakan bahan plastik sedotan jelly yang ukurannya cukup besar. Di bagian belakangnya ditambahkan kipas kompressor dari resin (buatan sendiri mencetak dari kit F-18E (cara membuat resin sederhana bisa lihat di bagian tips & guide).Penambahan tanki cadangan 2000L dari kit Revell. Sesuai dengan referensi yang digunakan dimana pesawata Rafale B ini memasang 3 tanki 2000 liter dan karena kit ini hanya menyediakan 1 pasang tanki 2000 liter. Kit Revell, Rafale 01 Marine akan dibuat pada  kondisi tanpa tanki cadangan dan full persenjataan intercept.


Proses Pembuatan
Sebelum proses pembuatan, referensi yang digunakan ada dua yaitu majalah Air Force dan juga The Encyclopedia of Modern Military Aircraft dan juga beberapa foto-foto dari website.
Proses pembuatan itu sendiri tidak banyak berbeda dengan kit lainnya. Dimulai dari bagian kokpit, seperti yang disebutkan diatas bagian kokpit mendapat tambahan beberapa komponen. Kokpit berjenis raised yang bisa dilakukan dry brushing + cat acrylic warna merah/kuning untuk menambahkan akses. Tidak banyak detil yang diberikan karena nantinya akan ditutup oleh transparant kokpit (closed cockpit) sehingga detil tidak akan terlihat jelas. Cockpit di cat dark gull gray dari model master. Pilot dari kit hasegawa F-18D dipasang setelah dimodifikasi dan di cat dengan warna jump suit warna olive drab kombinasi yang umum (dengan finish flat).
            Sebelum merakit bagian utama + cockpit, dua belahan body pesawat dilengkapi terlebih dahulu dengan air intake trunk yang dibuat dari sedotan jelly ukuran besar, yang sudah terlebih dahulu di belah menjadi dua bagian dan di cat abu-abu (light gray). Perlunya dibelah untuk memudahkan pengaturan diameter trunk dan juga pengecatan. Bagian sambungan diberikan putty dan di cat ulang menggunakan airbrush (agak sulit karena ukuran trunk kecil, cara lain tentunya dengan mencelup pipa trunk ini (namun karena tidak ada cat kaleng besar warna abu-abu maka dilakukan pengecatan airbrush). Cara pencelupan dapat dilihat di tips & guide.
      Setelah bagian cockpit dan saluran air intake trunk selesai maka bagian body pesawat utama dipasang diikuti dengan bagian sayap dan komponen utama lainnya. Bagian wheel well ditutup dan persambungannya baik tanpa celah yang mengganggu (good fit). Hal ini juga untuk bagian body utama dan sayap dan hanya memerlukan putty/dempul sedikit saja sekedar menutup  garis-garis rekatan. Kalau rekatan baik bahkan tidak perlu. Yang paling sulit adalah bagian depan air intake, terjadi pemasangan yang tidak pas sehingga menyebabkan perlunya perekatan dengan penjepit karet/masking tape + putty yang cukup banyak untuk memberikan tampilan yang mulus.



      Modifikasi lain yang dilakukan pada saat perakitan adalah posisi flap, aileron dan vertical stabilizer yang di set sedemikian rupa sehingga memperlihatkan pesawat sedang menanjak dengan flap turun 1/3 dan pada saat yang sama sedang membelok ke kiri. Hal ini untuk memberikan kesan dinamis. Masalahnya aileron dan flaps tidak memiliki bagian membulat di bagian yang direkatkan sehingga menyulitkan pemasangan pada posisi open flap/aileron. Untuk itu bagian ini perlu di kikir/amplas sedikit agar memberikan kesan membulat. Perakitan sisanya terfokus pada persenjataan dan perekatan kanopi transparan yang sebelumnya sudah di celup ke cairan Future dan sudah ditutup dengan masking tape. Kegunaan dari cairan Future dapat dilihat di artikel "tips & guide. Kanopi transparan dilekatkan ke body pesawat dengan lem putih.

Pengecatan
Warna kamuflase yang digunakan pesawat ini berbentuk loreng dimana warna dasar menggunakan warna light gray (petunjuk asli : gray) dan warna gelapnya menggunakan warna dark gray (petunjuk asli : dark compass gray), keduanya dari Model Master. Pengecatan airbrush khususnya untuk loreng langsung tanpa menggunakan masking (untuk pengecatan warna gelap) agar transisi warna terlihat halus. Airbrush merek anzen cukup ok untuk detil-detil medium seperti ini. Pemilihan warna diubah agar loreng sediki lebih menonjol dibandinkan warna petunjuk aslinya.
Setelah warna dasar dan loreng selesai dilabur, maka model diberikan cat coating clear glossy, siap untuk proses pemasangan decal.Untuk bagian exhaust dicat dua bagian satu menggunakan metalic gray tamiya (bagian exhaust di body pesawat) sedangkan nozzle dicat menggunakan gun metal yang diberikan wheathering agar tidak terlalu mengkilap. Hasilnya cukup menarik.

Decal
Decal dari hobby boss ini cukup tipis sehingga mudah blending ke body kit termasuk ke panel reses dan lekukan-lekukan, tanpa perlu menggunakan cairan setter/softer. Warna decal juga cukup akurat (paling tidak untuk mata penulis). Decal yang tersedia dan digunakan tidak begitu banyak namun cukup representatif dan memiliki detil yang cukup. Decal juga tersedia untuk persenjataan baik magic, mica dan apache. Decal tambahan yang dibuat sendiri adalah decal putih di sisi kanan kiri setiap pilot (pada kaca kanopi) menggunakan sisa-sisa decal tidak terpakai. Decal putih ini sayangnya tidak disertakan di kit, namun melihat gambar referensi selalu ada bagian putih tersebut (entah apa fungsinya).




Wheathering
Setelah proses decal selesai maka sekali lagi di labur cat coating glossy tipis, sebelum dilakukan proses wheathering menggunakan bubuk pastel + sabun cair + air sedikit. Setelah kering dibersihkan dengan lap dan cotton but, dan tahap akhir dari proses adalah pelapisan dengan coating flat.

Perakitan dilanjutkan dengan proses pelekatan detil-detil pesawat termasuk antenna, persenjataan, nozzle, dan terakhir pemassangan pada stand yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan potongan kayu dan kawat baja ukuran 2mm.

Kesimpulan
Kit Rafale B buatan hobby boss skala 1/48 menawarkan detil yang cukup tinggi. Meski dalam hal akurasi masih dibawah kit buatan Jepang namun secara sangat baik dan sangat direkomendasikan untuk pemodel yang tertarik membuat dual seater Rafale. Kit ini dapat diperoleh di www.luckymodel.com (temukan reviewnya di bagian Reference ). Recommended



Hasilnya bisa dilihat di bagian Galeri Rafale B
Article dalam bahasa  inggris di ARC Forum

4 comments:

  1. Replies
    1. Ini beli di STC Senayan di Jakarta, tokonya lupa namanya

      Delete
    2. Ini beli di STC Senayan di Jakarta, tokonya lupa namanya

      Delete
  2. wow, bagus banget bikinnya.

    itu garis2 di pesawat, apa namanya? panel lines?
    kok bisa keliatan jelas gitu gimana cara nge cat nya?

    ReplyDelete